Abstract:
Objek wisata merupakan tempat dimana kita dapat menemukan kesinambungan dan keserasian dengan lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi Pengembangan objek wisata Taman Ecopark untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif untuk menjelaskan bagaimana dampak pengembangan Taman Ecopark bagi perekonomian masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi Dinas Pariwisata dalam mengembangkan objek wisata Taman Ecopark saat ini belum berjalan dengan maksimal dikarenakan objek wisata ini baru terbentuk Pengembangan objek wisata pada saat ini sedang berjalan, tetapi dalam proses pengembangannya berjalan lambat akibat pandemi. Taman Ecopark sudah melakukan pemberdayaan masyarakat Tanah Miring seperti memberi kesempatan kepada masyarakat untuk membuka usaha dalam meningkat perekonomiannya, walaupun dampak dari objek wisata dalam mendorong perekonomian belum dirasakan masyarakat secara menyeluruh namun pengelolah tetap optimis untuk mengembangkan objek wisata tersebut.