Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas Pelayanan Kesehatan Gratis di Puskesmas Pangandaran. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode teknis analisis deskriptif, yang mana teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan cara studi kepustakaan, dan studi lapangan dengan cara mengumpulkan datanya dilakukan secara observasi dan wawancara. Akuntabilitas Pelayanan Kesehatan Gratis di Puskesmas Pangandaran belum optimal hal tersebut dipengaruhi oleh sikap atau attitude dari petugas kesehatan tidak ramah, penerapan prosedur masih berbelit-belit arahan yang diberikan petugas tidak simpel, penjelasan terlalu panjang bahasa yang digunakan kurang bisa dipahami oleh pasien untuk memperjelas prosedur dan mekanisme kerja pelayanan bahasa yang digunakan dipersempit, diperjelas sehingga semua lapisan masyarakat dapat memahami arti dari prosedur dan mekanisme kerja yang diterapkan di Puskesmas Pangandaran kemudian pengadaan sarana dan prasarana pun belum sepenuhnya memadai.