Unigal Repository

PENGARUH GEOMETRIK JALAN TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN BANJAR PATROMAN-PANGANDARAN (KM BANDUNG 150+000-KM 151+000)

Show simple item record

dc.contributor.author Pebriana, Rian
dc.date.accessioned 2025-12-20T02:50:24Z
dc.date.available 2025-12-20T02:50:24Z
dc.date.issued 2025-10-27
dc.identifier.other 7011210173
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8304
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “Pengaruh Geometrik Jalan terhadap Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Banjar Patroman–Pangandaran (Km Bandung 150+000 – Km 151+000)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi geometrik jalan, khususnya alinyemen horizontal, berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan meliputi data kecelakaan lalu lintas tahun 2020–2024, data volume lalu lintas, serta data geometrik jalan yang terdiri dari jari-jari tikungan, derajat kelengkungan, dan jarak pandang. Tingkat kecelakaan dianalisis menggunakan metode Equivalent Accident Number (EAN) dan Accident Rate (AR), sedangkan kapasitas jalan dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2023). Hubungan antara faktor geometrik dengan angka kecelakaan diuji melalui analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruas Jalan Banjar Patroman–Pangandaran (Km Bandung 150+000 – Km 151+000) termasuk kategori daerah rawan kecelakaan (black spot) dengan nilai EAN lebih tinggi dibandingkan batas kritis. Faktor geometrik yang paling berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan adalah jari-jari tikungan (R) dan derajat kelengkungan (D), di mana semakin kecil nilai R dan semakin besar nilai D, maka semakin tinggi potensi terjadinya kecelakaan. Selain itu, ketersediaan jarak pandang henti (Jh) juga memiliki hubungan signifikan dengan angka kecelakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi geometrik jalan yang tidak sesuai standar berkontribusi nyata terhadap tingginya angka kecelakaan pada ruas jalan Banjar Patroman Pangandaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya perbaikan desain geometrik terutama pada bagian tikungan dan jarak pandang, agar tercipta jalan yang lebih aman dan nyaman bagi pengguna. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Galuh en_US
dc.subject Geometrik Jalan, Kecelakaan Lalu Lintas, Equivalent Accident Number (EAN), Jari-jari Tikungan, Jarak Pandang. en_US
dc.title PENGARUH GEOMETRIK JALAN TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN BANJAR PATROMAN-PANGANDARAN (KM BANDUNG 150+000-KM 151+000) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account