Abstract:
Nadia Silvana Audria, 2025, Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Selada (Studi Kasus Pada Bumi Hidroponik Desa Panumbangan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis). Di bawah bimbingan Hj. JETI RACHMAWATI dan MOCHAMAD ARIEF RIZKI MAULADI.
Bumi Hidroponik merupakan perusahan yang bergerak di bidang Usaha Tani khususnya budidaya sayuran hidroponik selada. Bumi hidroponik berdiri sejak tahun 2021 sampai sekarang. Bumi Hidroponik merupakan satu-satunya Usaha Tani yang berada di Desa Panumbangan. Proses pemasaran selada di Bumi Hidroponik biasanya langsung dijual ke para pedagang, resto dan cafe. Sebelum dipasarkan sayuran selada dikemas menggunakan plastik dan memakai lakban sayur fresh agar sayuran tetap higenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pemasaran selada hidroponik pada Usaha Tani Bumi Hidroponik serta merumuskan strategi yang tepat berdasarkan posisi usaha dalam matriks SWOT. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), serta analisis SWOT untuk menentukan strategi yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor untuk faktor internal terdiri dari kekuatan sebesar 1,94 dan kelemahan sebesar 1,98, sedangkan skor faktor eksternal menunjukkan peluang sebesar 2,00 dan ancaman sebesar 1,88. Berdasarkan nilai koordinat SWOT (X = -0,04; Y = 0,12), Usaha Tani Bumi Hidroponik berada pada Kuadran III, yang menunjukkan perlunya penerapan strategi Turn Around. Strategi ini berfokus pada perbaikan kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang yang ada, seperti penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran, inovasi produk, kerja sama dengan pelaku UMKM, serta peningkatan kemampuan manajerial.
Kata Kunci: Bumi Hidroponik, EFE, IFE, Pemasaran, SWOT.