dc.contributor.author |
Widayanti,Estri; Kusmayadi,Yadi; Ratih,Dewi |
|
dc.date.accessioned |
2025-10-20T08:06:08Z |
|
dc.date.available |
2025-10-20T08:06:08Z |
|
dc.date.issued |
15-04-23 |
|
dc.identifier.issn |
2580-0027 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8230 |
|
dc.description |
Tradisi Ngabuku Taun merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap setahun sekali pada awal bulan Muharram di Desa Cikalong, biasanya waktu pelaksanaan ditentukan oleh sesepuh adat dengan menggunakan sistem kalender abogé. Tradisi Ngabuku Taun adalah bentuk ungkapan rasa syukur kehadiran Alloh SWT yang telah melimpahkan rezeki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan tahapan heuristik, kritik (ekstern dan intern), intepretasi, dan
historiografi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tradisi Ngabuku Taun sudah ada sejak
zaman dulu hingga sekarang tidak ada perubahan dalam pelaksanaan, yaitu dimulai kepala desa
pertama Pradjawidjajadiningrat atau yang dikenal dengan nama Eyang Dalem Sembah Dongkol. Namun, pada saat pandemi covid-19 ini dalam pelaksanaan tradisi Ngabuku Taun dengan
mematuhi protokol kesehatan. Tradisi Ngabuku Taun ini tidak terlepas dengan lumbung
persatuan. Lumbung ini didirikan bertujuan untuk ketahanan pangan masyarakat Cikalong di masa paceklik (gagal panen) serta untuk keperluan kepentingan bersama. Dalam tradisi Ngabuku Taun terdapat nilai-nilai filosofis diantaranya nilai religius nilai sosial nilai budaya, nilai historis, nilai pendidikan, dan nilai ekonomi. |
en_US |
dc.description.abstract |
The Ngabuku Taun tradition is a tradition that is carried out once a year at the beginning of the month of Muharram in Cikalong Village, usually, the implementation time is determined by traditional elders using the abogé calendar system. The tradition of Ngabuku Taun is a form of gratitude for the presence of Alloh SWT who has bestowed sustenance. The method used in this research is the historical method with stages of heuristics, criticism (external and internal), interpretation, and historiography using a qualitative approach. The tradition of Ngabuku Taun has existed since ancient times until now there has been no change in implementation, starting from the first village head Pradjawidjajadiningrat or known as Eyang Dalem Sembah Dongkol. However, during the COVID-19 pandemic, the implementation of the Ngabuku Taun tradition was carried out by complying with health protocols. The tradition of Ngabuku Taun is inseparable from the granary of unity. This granary was established for the food security of the Cikalong community in times of famine (crop failure) as well as for the needs of mutual interest. In the Ngabuku Taun tradition, there are philosophical values including religious values, social values, cultural values, historical values, educational values, and economic values. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal Artefak |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Volume 10 No 1;90-104 |
|
dc.subject |
Nilai, Filosofis, Tradisi Ngabuku Taun |
en_US |
dc.title |
NILAI-NILAI FILOSOFIS TRADISI NGABUKU TAUN DI DESA CIKALONG KECAMATAN SIDAMULIH KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 1948-2020 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |