| dc.contributor.author | Rosnasari, Yeni | |
| dc.date.accessioned | 2025-10-04T05:51:47Z | |
| dc.date.available | 2025-10-04T05:51:47Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-26 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8171 | |
| dc.description.abstract | Penelitian dilatarbelakangi oleh belum optimalnya implementasi supervisi pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Wilayah Bina III Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Implementasi supervisi pengawas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran? 2) Hambatan-hambatan dalam implementasi supervisi pengawas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Upaya-upaya mengatasi hambatan-hambatan implementasi supervisi pengawas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan keputusan (verification). Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di SD Wilayah Bina III Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis sebanyak 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Supervisi Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran belum dilaksanakan secara optimal hal ini dikarenakan keterbatasan waktu yang dimiliki pengawas sehingga pengawas belum optimal dalam melakukan mentoring terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Selain itu permasalahan lainnya terkait dengan kesibukan dan kurangnya jumlah pengawas sehingga kegiatan supervisi belum terlaksana secara optimal 2) Adanya hambatan-hambatan Implementasi Supervisi Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran yang antara lain kurangnya kerjasama yang terjalin dengan pihak sekolah, keterbatasan waktu yang dimiliki pengawas dalam melakukan mentoring terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Selain itu permasalahan lainnya terkait dengan jarangnya pengawas melakukan supervisi secara rutin sehingga pengawas belum optimal melakukan tindak lanjut hasil supervisi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh guru. 3) Adanya upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan Implementasi Supervisi Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran yang antara lain meningkatkan kerjasama dengan pihak sekolah dalam melaksanakan supervisi, menentukan waktu pelaksanaan supervisi secara bersama-sama dengan pihak sekolah serta pengawas menyediakan waktu diluar jam tugas pengawas untuk melakukan tindak lanjut hasil supervisi. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si. pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Implementasi, Supervisi, Pengawas Sekolah, Kualitas Pembelajaran | en_US |
| dc.title | IMPLEMENTASI SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN | en_US |
| dc.type | Other | en_US |