Abstract:
Agus Permana, NIM. 3402210362. “Pengaruh Teaching Factrory Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Suatu Studi Pada Siswa SMKN 1 Cipaku ) Dibawah bimbingan Bapak Mujaddid Faruk, S.E.,M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Ali Muhidin, S.Pd., M.M. (Pembimbing II)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teaching factory dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha Kabupaten Ciamis. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner, dan analisis dilakukan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment, Korelasi Ganda, Uji Koefisien Determinasi, Regresi Sederhana dan Ganda, serta Uji t dan Uji F. Teaching Factory berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha yang menunjukkan bahwa semakin baik implementasi program teaching factory, semakin tinggi pula minat berwirausaha siswa SMKN 1 Cipaku. Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Menandakan bahwa pendidikan serta pembinaan kewirausahaan secara langsung berkontribusi membentuk sikap dan motivasi berwirausaha siswa. Teaching Factory dan Kewirausahaan secara simultan berpengaruh postif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha siswa. Secara statistik, variabel teaching factory dan kewirausahaan mampu secara bersama- sama menjelaskan sebagian besar variasi pada minat berwirausaha siswa SMKN 1 Cipaku. Persamaan regresi yang mengindikasikan bahwa setiap peningkatan pada teaching factory maupun kewirausahaan akan secara signifikan meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. kesimpulannya program Teaching Factory memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 1 Cipaku, yang menunjukkan bahwa semakin baik pelaksanaan Teaching Factory, semakin tinggi minat berwirausaha siswa. Selain itu, pendidikan dan pembinaan kewirausahaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, menandakan bahwa kegiatan kewirausahaan secara langsung membentuk sikap dan motivasi siswa dalam berwirausaha. Kedua variabel tersebut, Teaching Factory dan Kewirausahaan, secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Secara statistik, kedua variabel ini mampu menjelaskan sebagian besar variasi minat berwirausaha siswa, dengan persamaan regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan pada Teaching Factory maupun kewirausahaan akan meningkatkan minat berwirausaha secara signifikan.