Abstract:
Tesis ini berjudul IMPLEMENTASI STRATEGI KEPALA SEKOLAH UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH (Studi Kasus di SDN 1, SDN 3 dan SDN 4
Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran), SUPARMIN, NIM:
82322324053
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja kepala sekolah masih cenderung stagnan yang salah
satu penyebabnya dapat diduga karena strategi kepemimpinan kepala sekolah belum efektif dalam
meningkatkan prestasi di SDN 1, SDN 3 dan SDN 4 Maruyungsari. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi sekolah di SDN 1, SDN 3, dan SDN 4 Maruyungsari Kecamatan
Padaherang Kabupaten Pangandaran, 2) Hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan
strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SDN 1, SDN 3 dan SDN 4
Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, 3) Upaya-upaya yang dilakukan
dalam mengatasi hambatan implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi
sekolah di SDN 1, SDN 3 dan SDN 4 Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten
Pangandaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi
(pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Pengawas,
Kepala Sekolah SDN 1 Maruyungsari, Guru Wali Kelas V, Kepala Sekolah SDN 3 Maruyungsari,
Guru Wali Kelas IV, Kepala Sekolah SDN 4 Maruyungsari, dan Guru Wali Kelas VI. Tekhnik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi strategi kepala sekolah untuk meningkatkan
prestasi sekolah di SDN 1, SDN 3, dan SDN 4 Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten
Pangandaran belum berjalan optimal dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan
pengendalian, mengarahkan orang-orang menuju visi, memotivasi dan memberi inspirasi sudah
berjalan baik namun belum optimal, karena masih diperlukan peningkatan dalam hal penyediaan
sumber daya dan kesempatan yang lebih banyak untuk pengembangan professional guru, fasilitas
sekolah dan penyediaan kegiatan sekolah yang lebih bervariasi dan terstruktur sebagai upaya
peningkatan prestasi Sekolah agar terus meningkat secara signifikan.2) Hambatan-hambatan
dalam mengimplementasikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SDN
1, SDN 3 dan SDN 4 Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran yaitu:
Keterbatasan fasilitas Sekolah dan anggaran,vKurangnya motivasi guru, kurangnya motivasi
belajar peserta didik, kompleksitas tugas Kepala Sekolah, dan Kemampuan supervisi akademik
Kepala Sekolah masih kurang, Dan Kepala Sekolah memiliki keterbatasan waktu dalam
melaksanakan tugasnya secara optimal. 3) Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi
hambatan implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SDN 1,
SDN 3 dan SDN 4 Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran yaitu:
Mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang sudah ada. Selain itu, mencari dukungan atau
mengajukan proposal bantuan kepada Pemerintah Pusan dan Daerah, 2) Menyelenggarakan
pelatihan dan workshop secara rutin untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas guru, 3)
memberikan penghargaan/reward atas usaha dan prestasi peserta didik, 4) mendelegasikan
tugasnya dan mengelola waktu secara efektif untuk memastikan semua tugas terlaksana dengan
baik, dan 5) Meminta pendampingan dari pengawas sekolah atau ahli pendidikan untuk
meningkatkan kemampuan supervisi Kepala Sekolah.