Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah
sebagai inovator dalam upaya meningkatkan kinerja sekolah di SD Wilayah 5 Korwil
Pendidikan Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Untuk menjalankan fungsi
strategis tersebut sekolah dasar memerlukan kepemimpinan yang kuat dan inovatif.
Sebagai Inovator kepala sekolah diharapkan memunculkan ide-ide baru untuk
kemajuan sekolah. Inovasi yang dilakukan kepala sekolah harus memberikan dampak
positif pada peningkatan kinerja sekolah. Tujuan penelitiannya adalah untuk
menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah
sebagai inovator; 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai inovator; 3)
Upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai inovator untuk meningkatkan kinerja
sekolah di SDN 1 Dadiharja, SDN 2 Dadiharja dan SDN 3 Cisontrol. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Adapun informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas sekolah,
guru, dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian
data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Peran kepemimpinan kepala sekolah di tiga sekolah menunjukkan peran signifikan
sebagai inovator melalui pendekatan manajerial berbasis siklus Plan-Do-Check-Act.
Peran ini terbukti mendorong peningkatan kinerja sekolah dalam aspek pembelajaran,
pengelolaan sumber daya, budaya kerja, kapasitas guru, dan keterlibatan masyarakat.
2) Terdapat hambatan yang dialami kepala sekolah yaitu hambatan internal yang
mencakup beban administrasi dan eksternal yang berkaitan dengan infrastruktur. 3)
Terdapat upaya yang dilakukan kepala sekolah dengan mengembangkan berbagai
strategi inovatif yang kontekstual dan partisipatif melalui kolaborasi dengan semua
pihak sehingga kinerja sekolah dapat ditingkatkan.