dc.description.abstract |
Tesis ini berjudul Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru (Studi Kasus di Gugus 02 Korwil Pendidikan
Kecamatan Banjaranyar). Hasanudin. NIM. 82362324009. Dibawah bimbingan Dr. H.
Yat Rospia Brata, M.Si., (Pembimbing I) dan Dr. Lilis Kholisoh Nuryani, M.Pd.,
(Pembimbing II).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan
mutu pembelajaran di sekolah dasar, khususnya melalui pelaksanaan supervisi akademik yang
terencana dan berkelanjutan. Kepala sekolah diharapkan mampu membina kinerja guru agar
lebih profesional dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kinerja
mengajar guru yang baik akan mendorong tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru; 2) Hambatan yang
dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan supervisi akademik; dan 3) Upaya
kepala sekolah dalam mengatasi hambatan supervisi akademik. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri
dari kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah di SDN 1 Banjaranyar, SDN 2 Cigayam, dan
SDN 1 Sindangrasa di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Teknik analisis data
menggunakan model Miles yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi akademik
dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut yang
berdampak pada peningkatan kinerja mengajar guru; 2) Hambatan pelaksanaan supervisi
meliputi keterbatasan waktu, beban administrasi, sarana prasarana, serta sikap guru terhadap
supervisi; dan 3) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dilakukan melalui pendidikan |
en_US |