Unigal Repository

Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanudin
dc.date.accessioned 2025-09-17T17:11:46Z
dc.date.available 2025-09-17T17:11:46Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7956
dc.description.abstract Tesis ini berjudul Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru (Studi Kasus di Gugus 02 Korwil Pendidikan Kecamatan Banjaranyar). Hasanudin. NIM. 82362324009. Dibawah bimbingan Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si., (Pembimbing I) dan Dr. Lilis Kholisoh Nuryani, M.Pd., (Pembimbing II). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar, khususnya melalui pelaksanaan supervisi akademik yang terencana dan berkelanjutan. Kepala sekolah diharapkan mampu membina kinerja guru agar lebih profesional dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kinerja mengajar guru yang baik akan mendorong tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru; 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan supervisi akademik; dan 3) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah di SDN 1 Banjaranyar, SDN 2 Cigayam, dan SDN 1 Sindangrasa di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Teknik analisis data menggunakan model Miles yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi akademik dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut yang berdampak pada peningkatan kinerja mengajar guru; 2) Hambatan pelaksanaan supervisi meliputi keterbatasan waktu, beban administrasi, sarana prasarana, serta sikap guru terhadap supervisi; dan 3) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dilakukan melalui pendidikan en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr.H.Yat Rospia Brata, M.Si. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN, FKIP en_US
dc.subject Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru en_US
dc.title Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account