dc.contributor.author |
Pikiani, Zerli |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-17T16:51:36Z |
|
dc.date.available |
2025-09-17T16:51:36Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-26 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7955 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi bahwa Kinerja Mengaja Guru Penjas di SD
Negeri Tayem Timur 05 ketika proses pembelajaran terdapat berbagai masalah
yang harus segera diatasi. Diantaranya pada saat melakukan aktivitas
pembelajaran ada peserta didik yang kurang memahami materi apa yang
disampaikan oleh guru, atau peserta didik kurang tertarik terhadap cara guru
menjelaskan materi sehingga tidak muncul motivasi peserta didik dalam mengikuti
Pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Implementasi kinerja mengajar
Guru Penjas ditinjau dari aspek Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tayem Timur 05. (2) Implementasi
kinerja mengajar Guru Penjas ditinjau dari aspek Pelaksanaan pembelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tayem Timur 5. (3)
Implementasi kinerja mengajar Guru Penjas ditinjau dari aspek Penilaian dan
Evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD
Negeri Tayem Timur 05. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan / verifikasi. Adapun
informan pelitian ini terdiri dari : Pengawas sekolah, kepala sekolah, guru
Pendidikan jasmani (penjas), guru PAI dan guru kelas 6. Hasil penelitian
menunjukan bahwa : (1) Implementasi kinerja mengajar guru penjas ditinjau dari
aspek perencanaan pembelajaran, kemampuan guru penjas dalam menyusun RPP
/ Modul Ajar, dalam menyusun Silabus, menentukan dan membuat media ajar,
sudah memenuhi sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum dengan baik. (2)
Implementasi kinerja mengajar guru penjas ditinjau dari aspek Pelaksanaan
pembelajaran, dari hasil pengamatan kemampuan guru penjas dinyatakan baik
dalam melakukan pembukaan pembelajaran, melaksanakan kegiatan
pembelajaran, maupun dalam melakukan penutupan / akhiran pembelajaran. (3)
Implementasi kinerja mengajar guru penjas ditinjau dari aspek Penilaian dan
Evaluasi. Dalam hal ini penilaian yang dilaksankan guru penjas sudah berjalan dan
tertata dengan baik. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. Maman Herman, M,Pd
Pembimbing II Dr. Dede Iman Suhendra, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.subject |
Implementasi, Kinerja Mengajar Guru, Motivasi, Peserta Didik |
en_US |
dc.title |
IMPLEMENTASI KINERJA MENGAJAR GURU PENJAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |