Unigal Repository

EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Study Kasus di SMP N 1 Lakbok dan SMP N 2 Lakbok, Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Apri, Ebtiyani
dc.date.accessioned 2025-09-17T16:32:14Z
dc.date.available 2025-09-17T16:32:14Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7953
dc.description.abstract Tesis ini berjudul Efektifitas Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Study Kasus di SMP N 1 Lakbok dan SMP N 2 Lakbok, Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Apri Ebtiyani. NIM. 82322324034. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian kinerja guru di SMP N 1 Lakbok dan SMP N 2 Lakbok menunjukkan kategori “baik” dengan rata-rata nilai 82, namun belum mencapai kategori “sangat baik” atau optimal (di atas 90) sebagaimana yang menjadi standar dalam Peraturan Dirjen GTK Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kinerja guru masih diperlukan guna menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks, sekaligus mendukung pencapaian tujuan nasional dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill dalam meningkatkan kinerja guru. 3 ) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Technical skill dalam meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, Pengawas, Komite Sekolah dan Guru. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data / Data display, dan 3) Penarikan kesimpulan / Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Sekolah dapat mendiagnosa permasalahan sekolah, memecahkan masalah, merencanakan perilaku, mengkoordinasi kegiatan sekolah, mengevaluasi kegiatan, mengembangkan kurikulum, dan mampu mengembangkan staf untuk mencapai tujuan sekolah. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Sekolah mampu menjalin hubungan kerjasama, membangun memotivasi kerja, menjalin komunikasi, mengikutsertakan dalam merumuskan pengambilan keputusan, menyelesaikan konflik di sekolah, memberikan penghargaan kepada yang berprestasi, menciptakan hubungan yang positif dengan masyarakat, dan memperhatikan kesejahteraan. 3) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek technical skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Sekolah mampu menjalankan supervisi, membimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar, mengkoordinasi penggunaan peralatan pengajaran, membantu dalam mendiagnosa kesulitan belajar, mengatur dan mengawasi tata tertib, membimbing guru dalam melaksanakan administrasi sekolah/kelas, dan menyusun anggaran belanja sekolah. en_US
dc.subject Kepemimpinan Manajerial, Kepala Sekolah, Kinerja Guru. en_US
dc.title EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Study Kasus di SMP N 1 Lakbok dan SMP N 2 Lakbok, Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account