Abstract:
Monica Nurnira Sri Kuntari, NIM 3402210351. “Pengaruh Faktor Psikologis
dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada
Konsumen Produk Fashion E-Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur,
Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap)”. Dibawah bimbingan Ibu Dr.
Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing l) dan Ibu Rinsa Kartika, S.E.,
M.M. (Pembimbing ll).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh faktor psikologis dan karakteristik
konsumen terhadap keputusan pembelian pda konsumen produk fashion e
commerce Shopee di Desa Panulisan Timur. Permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana pengaruh faktor psikologis terhadap
keputusan pembelian produk fashion E-commerce Shopee di Desa Panulisan
Timur?; 2] Bagaimana pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan
pembelian produk fashion E-commerce Shopee di Desa Panulisan Timur?; 3]
Sejauh mana pengaruh faktor psikologis dan karakteristik konsumen terhadap
keputusan pembelian produk fashion E-commerce Shopee di Desa Panulisan
Timur? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1]
Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian produk fashion pada E
Commerce Shopee di Desa Panulisan Timur; 2] Pengaruh karakteristik konsumen
terhadap keputusan pembelian produk fashion pada E-Commerce Shopee di Desa
Panulisan Timur; 3] Pengaruh faktor psikologis dan karakteristik konsumen
terhadap keputusan pembelian produk fashion pada E-Commerce Shopee di Desa
Panulisan Timur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis
koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linier
berganda, analisis koefisien korelasi berganda, dan uji F. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1] faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan
pembelian karena hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan besarnya
pengaruh 42,00%, sisanya 58,00% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
2] Karakteristik konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena
hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan besarnya pengaruh 34,40%,
sisanya 65,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 3] Secara simultan,
faktor psikologis dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian karena
hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan besarnya pengaruh 48,10%,
sedangkan sisanya sebesar 51,90% dipengaruhi oleh faktor lain.
Diharapkan Shopee dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dengan
memperhatikan aspek psikologis dan karakteristik konsumen untuk meningkatkan
keputusan pembelian.