Abstract:
Syahla Nur Kamila, NIM. 3402210129. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop Angkatan 2021 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)”. Dibawah bimbingan Ibu Elin Herlina, S.Pd., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Toto, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2021?; 2] Bagaimana pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2021?; 3] Bagaimana pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2021?; Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1] Online customer review terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2021; 2] Online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2021; 3] Online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Angkatan 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi linier, uji signifikan (uji t) dan pengujian hipotesis (uji f). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Online Customer Review dan Online Customer Rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop Angkatan 2021 manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis dengan besarnya pengaruh 54,02% dan sisanya 45,98% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan Tiktok Shop mempertahankan Online Customer Review dan Online Customer Rating sehingga akan meningkatkan Keputusan Pembelian. Selain itu Tiktok Shop perlu lebih meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengatur jadwal promosi lebih menarik dan teratur.