Unigal Repository

Hubungan Kompetensi Pedagogy Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-09-16T04:39:44Z
dc.date.available 2025-09-16T04:39:44Z
dc.date.issued 2025-09-15
dc.identifier.issn Ismayanti
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7811
dc.description.abstract ABSTRAK Neni Sri Ismayanti (2025). dengan Judul Skripsi: “Hubungan Kompetensi Pedagogi Guru terhadap Kinerja Guru Penjas (Studi Deskriptif pada Guru Penjas SLTP se-Kecamatan Pangandaran)”. Selama penulisan skripsi ini penulis dibimbing oleh Pembimbing I: Andang Rohendi, M.Pd., dan Ruli Sugiawardana, M.Pd. ========================================================== Di tangan para gurulah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar di sekolah. Maka diharapkan melalui proses ini peserta didik mempunyai sejumlah kepandaian dan kecakapan tentang sesuatu yang dapat membentuk kematangan pribadinya. Secara karakteristik yang harus dimiliki seorang guru pendidikan jasmani adalah memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi karakteristik anak tentang pertumbuhan fisik dan perkembangan mental, sosial, serta emosional anak tersebut, selain itu seorang guru pendidikan jasmani harus memiliki pemahaman dan penguasaan keterampilan gerak serta mampu membangkitkan dan memberi kesempatan kepada anak untuk berkreatif dan aktif dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, serta mampu menumbuhkembangkan potensi dan kemampuan serta keterampilan motorik anak. Dari pengamatan penelitian di atas, maka bagaimana hubungan kompetensi Pedagogi guru terhadap kinerja guru penjas. Apakah hubungan kompetensi Pedagogi guru mempunyai hubungan signifikan terhadap kinerja guru penjas? Hal ini disebabkan karena kurang Pedagoginya kompetensi guru penjas. Kinerja guru penjas saat ini belum menunjukan ke arah Pedagoginya kompetensi guru penjas. Akibatnya kinerja guru penjas akan berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Atas dasar itu, akan dipilih metode penelitian melalui penyebaran angket, antara lain: Kompetensi Pedagogi Guru dan Kinerja Guru Penjas. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah; (1) Bagaimana hubungan kompetensi Pedagogi guru terhadap kinerja guru penjas SLTP se-Kecamatan Pangandaran? Angket yang diajukan adalah: (1) Ingin mengetahui hubungan kompetensi Pedagogi guru terhadap kinerja guru penjas SLTP se-Kecamatan Pangandaran. (2) Ingin mengetahui tingkat signifikan kompetensi Pedagogi guru terhadap kinerja guru penjas SLTP se-Kecamatan Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan desainnya menggunakan ex post facto. Sumber data dalam penelitian ini adalah 19 orang guru SLTP se-Kecamatan Pangandaran. Instrumen yang digunakan adalah meliputi pedoman angket/pedoman koesioner. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi; (1) Uji coba instrumen dengan uji coba validitas; (2) Uji coba instrumen dengan Uji Reliabilitas; (3) Langkah Analisis Data;. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil sebagai berikut; (1) Penelitian hubungan kompetensi Pedagogi guru terhadap kinerja guru penjas SLTP se-Kecamatan Pangandaran. (2) Penelitian hubungan tingkat signifikan kompetensi Pedagogi guru berpengaruh terhadap kinerja guru penjas SLTP se-Kecamatan pangandaran. en_US
dc.description.sponsorship Andang Rohendi, Ruli Sugiawardana en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogy, Kinerja Guru en_US
dc.title Hubungan Kompetensi Pedagogy Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account