dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran kepala
sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam meningkatkan mutu sumber daya
manusia, khususnya melalui peningkatan kinerja guru sekolah dasar. Permasalahan
yang dikaji meliputi bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader, hambatan
yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru, yang
tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai
leader dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar. Kepala sekolah sebagai
pemimpin pendidikan memiliki tanggung jawab strategis dalam menciptakan
lingkungan kerja yang produktif serta mendukung profesionalisme guru. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih ditemukan rendahnya kinerja guru
di wilayah 5 Korwil Pendidikan Kecamatan Rancah, khususnya pada aspek
kedisiplinan, kreativitas, tanggung jawab, dan keteladanan yang berimplikasi pada
mutu pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi terhadap informan utama, yaitu kepala sekolah, guru, pengawas, dan
peserta didik di SDN 1, SDN 2, dan SDN 3 Bojonggedang. Fokus penelitian
diarahkan pada lima aspek peran kepemimpinan kepala sekolah, yakni:
menggerakkan, membimbing, memberi dorongan, membina, dan melindungi warga
sekolah, serta delapan indikator kinerja guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di ketiga sekolah
tersebut telah berperan aktif dalam meningkatkan kinerja guru melalui
pembentukan tim kerja yang partisipatif, pembimbingan intensif, pemberian
motivasi, penghargaan atas kinerja, serta keteladanan dalam pelaksanaan tugas.
Kendati demikian, ditemukan hambatan internal berupa keterbatasan kompetensi
dan semangat kerja sebagian guru, serta hambatan eksternal berupa sarana
prasarana dan dukungan kebijakan yang belum optimal. Untuk mengatasi hambatan
tersebut, kepala sekolah melakukan upaya strategis baik secara internal seperti
pembinaan berkelanjutan dan penguatan budaya kerja, maupun secara eksternal
seperti kolaborasi dengan orang tua dan pemangku kebijakan.
Dengan demikian, peran kepala sekolah sebagai leader terbukti memiliki
pengaruh signifikan dalam mendorong peningkatan kinerja guru. Penelitian ini
merekomendasikan perlunya penguatan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah
secara berkelanjutan agar dapat menciptakan budaya kerja yang profesional,
kolaboratif, dan inovatif di lingkungan sekolah dasar. |
en_US |