dc.description.abstract |
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUANOPERASIONALSEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (Studi Kasus di SDN 4 Sindangjaya Kabupaten Pangandaran) ,oleh RIKE SUMARNI, NIM.82322324052. Di bawah bimbingan Dr. Maman Herman, S.Pd.,M.Pd., (Pembimbing I) dan Dr. Asep Saeful Hidayat, M.Pd., (Pembimbing ID).
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai efektivitas pengelolaan dana BOS dalam mewujudkan kualitas pembelajaran, dengan berfokus pada proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pelaporan dana BOS di SDN 4 Sindangiaya, Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara,observasi langsung di lapangan, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, bendahara BOS, guru, komite sekolah, dan pengawas dari Dinas Pendidikan setempat. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik triangulasi untuk menjaga validitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pengelolaan dana BOS di SDN 4 Sindangjaya masih dihadapkan dengan berbagai kendala. Dalam aspek perencanaan, ditemukan bahwa besaran dana yang diajukan setiap penanggung jawab program melebihi pagu anggaran hal ini akan menjadi bahan pertimbangan Kepala Sekolah dalam pengambilan keputusan. Dari sisi pelaksanaan, adanya pergeseran atau perubahan dana BOS pada tahun berjalan. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan ataupun program yang harus secepatnya diselesaikan. Pengawasan internal di lakukan oleh kepala sekolah dan tim BOS, sementara pengawasan eksternal bersifat administratif belum mendekti tingkat efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber dana yang ada. Pada aspek pelaporan publikasi laporan pertanggung jawaban dana BOS belum dilakukan kepada masyarakat, hanya terpampang di dalam sekolah berbentuk banner jadi hanya warga sekolah yang dapat melihat. Meskipun demikian, dana BOS telah memberikan kontribusi positif terhadap pemenuhan kebutuhan operasional sekolah, pengadaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, serta peningkatan kegiatan pembelajaran dan pengembangan profesional guru. Penelitian ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas manajemen sekolah dalam pengelolaan dana pendidikan, peningkatan transparansi dan akuntabilitas, serta perlunya keterlibatan aktif semua pelaksana kepentingan sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana BOS di SDN4 Sindangiaya tergolong cukup efektif, hal ini terlihat dari beberapa indikator yang sudah terpenuhi meskipun ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi rencana strategis kepada pihak sekolah maupun pemerintah daerah untuk penyempurnaan sistem perencanaan dan pelaporan, memperkuat sistem pengawasan, serta meningkatkan kompetensi dalam pengelola dana BOS agar dana pendidikan benar-benar membawa pengaruh terhadap terwujudnya kualitas pembelajaran. |
en_US |