Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pelayanan publik Kota Tasikmalaya belum dilaksanakan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya kesadaran pegawai dalam melaksanakan pekerjaan nya untuk melayani Masyarakat, Masih belum konsisten nya pegawai dalam memberikan pelayanan. Hal ini terlihat dari jam pelayanan yang masih belum jelas, dan Kurangnya SDM pelayanan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Mall Pelayanan Publik di Kota Tasikmalaya. Dengan jadwal penelitian terhitung dari bulan September 2024 sampai bulan Agustus 2025. Teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi data.Jumlah informan terdiri dari 6 orang diantaranya Kepala Dinas DPMPTSP, Sekretaris DPMPTSP, Sub Bagian Tata Usaha, Sub Unit Pelayanan, dan Masyarakat sebanyak 2 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Optimalisasi Mall Pelayanan Publik (MPP) dalam meningkatkan pelayanan yang baik di Mall Pelayanan Publik di Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dianalisis bahwa optimalisasi mall pelayanan publik (MPP) dalam meningkatkan pelayanan yang baik di mall pelayanan publik Kota Tasikmalaya belum berjalan secara optimal. Hambatan yang ditemui adalah keterbatasan data yang akurat dan lengkap dapat menghambat pembuatan laporan yang efektif juga masi adanya keterlambatan pengumpulan data dapat menyebabkan laporan tidak tepat waktu.