Abstract:
Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Tujuan
dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh yang signifikan permainan tradisional terhadap interaksi sosial di SD
Sukamanah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif korelasional, salah satu desain yang digunakan dalam penelitian
ini adalah paradigma atau desain penelitian sederhana. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa SD Sukamanah kelas V dengan jumlah 30. Sampel yang
digunakan siswa sebanyak 30. Hasil uji t (t-test) untuk membandingkan perbedaan
antara pre-test dan post-test pada variabel yang terkait dengan permainan
tradisional. Kesimpulannya signifikan artinya terdapat perbedaan signifikan antara
pre-test dan post-test, karena thitung (10,5) lebih besar dari ttabel (1,70), maka
dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional memiliki pengaruh signifikan
terhadap interaksi sosial di SD Sukamanah. Dapat disimpulkan bahwa permainan
tradisional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel yang
diukur, dan perbedaan antara pre-test dan post-test bukan hanya karena kebetulan,
tetapi karena pengaruh dari permainan tradisional itu sendiri. Berdasarkan hasil
pengolahan dan analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah
“Terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional terhadap interaksi
sosial di SD Sukamanah”.