Abstract:
Dina Hidayanti (2107210090) “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Berbantu Media Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Cisayong”. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Cisayong merupakan masalah dalam penelitian ini. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya keaktifan, serta rendahnya motivasi dan minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Kondisi ini mengindikasikan perlunya inovasi dalam model pembelajaran untuk meningkatkan capaian akademik. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan berbantu media digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan berbantu media digital pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukan; 1) terdapat peningkatan signifikan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan PBL berbantu media digital, dengan rata-rata N-Gain 0,64 (kategori sedang). 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, dengan rata-rata N-Gain 0,47 (kategori sedang). 3) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest), dimana model PBL berbantu media digital lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model konvensional.
kata kunci: model pembelajaran problem based learning (PBL), media digital, hasil belajar.