Unigal Repository

OPTIMALISASI PERAN KINERJA KOMITE SEKOLAH PADA SATUAN PENDIDIKAN (Study Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis),

Show simple item record

dc.contributor.author Binali, Sajidin
dc.date.accessioned 2025-09-08T09:16:14Z
dc.date.available 2025-09-08T09:16:14Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7497
dc.description.abstract Tesis ini berjudul OPTIMALISASI PERAN KINERJA KOMITE SEKOLAH PADA SATUAN PENDIDIKAN (Study Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis), SAJIDIN BINALI, NIM. 82362324018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan aktif Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, yang umumnya hanya berperan pada aspek pendanaan dan belum berkontribusi optimal dalam proses perencanaan maupun evaluasi pendidikan. Penelitian bertujuan memperoleh gambaran yang konkrit tentang pemberdayaan Komite Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Secara rinci dirumuskan sebagai berikut (1) mengetahui peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) (2) mengetahui peran komite sekolah sebagai badan pendukung (supporting agency) (3) mengetahui peran komite sekolah sebagai badan pengontrol (controling agency) (3) mengetahui peran komite sekolah sebagai mediator dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deduktif dengan membandingkan data temuan lapangan dengan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Komite Sekolah telah dijalankan namun belum optimal. Maka peran komite dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Pemberi pertimbangan (advisory agency), Komite terlibat dalam penyusunan program sekolah dan RAPBS, tetapi kontribusinya masih bersifat normatif. 2). Sebagai badan pendukung (supporting agency), Komite aktif dalam penggalangan dana dan pemantauan sarana prasarana, namun belum menjalin kemitraan dengan pihak luar. 3). Sebagai badan pengontrol (controlling agency), Komite turut mengawasi pelaksanaan program dan menyampaikan saran perbaikan, meskipun belum dilakukan secara sistematis. 4). Sebagai mediator (mediator agency), Komite menjembatani komunikasi antara sekolah dan masyarakat, namun pelaksanaannya masih insidental dan belum berbasis mekanisme kerja yang terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas Komite Sekolah melalui pelatihan dan pendampingan, serta peningkatan kolaborasi antara sekolah, masyarakat, dan pemerintah daerah guna mendukung mutu layanan pendidikan yang lebih baik. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs., MM., M.Pd. Pembimbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Peran Komite Sekolah dan Mutu Layanan Pendidikan en_US
dc.title OPTIMALISASI PERAN KINERJA KOMITE SEKOLAH PADA SATUAN PENDIDIKAN (Study Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis), en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account