Unigal Repository

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Show simple item record

dc.contributor.author Solihati, Ihat
dc.date.accessioned 2025-09-08T07:53:43Z
dc.date.available 2025-09-08T07:53:43Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7487
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian minimnya prestasi akademik peserta didik di Gugus 6 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Dimana dari 6 sekolah hanya 2 sekolah yang mencatatkan prestasi akademik pada tahun 2023 yakni SDN 2 Nagarapageuh dan SDN 1 Nagarajaya dengan prestasi terbaik di Gugus 6 . Melihat hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 dan 2023, menjadi jelas bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran krusial dalam mencapai prestasi sekolah yang lebih baik, terutama dalam literasi dan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri Gugus 6 Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Adapun yang menjadi informen adalah Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting sebagai edukator dalam membimbing, memotivasi, dan memberikan arahan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Peran tersebut diwujudkan melalui kegiatan supervisi akademik, pelatihan internal, pembinaan berkelanjutan, serta penciptaan budaya kerja kolaboratif. Kepala sekolah juga mendorong guru untuk aktif mengikuti program pengembangan diri, baik di dalam maupun di luar sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan professional guru di Gugus 6 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis ditinjau dari aspek peran kepamimpinan kepala sekolah, kemampuan untuk merumuskan visi dan misi sekolah, kemampuan untuk meningatkan kualitas pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, pembinaan dan pengembangan profesionalisme, kemampuan dalam pengelolaan sumber daya, kemampuan dalam kebijakan dan pengawasan, kemampuan dalam hubungan dengan stakeholder, dan kemampuan dalam motivasi dan kesejahteraan mampu mendorong pencapaian prestasi sekolah. 2) Hambatan diantaranya adalah meliputi kurangnya sumber daya (anggaran, fasilitas, waktu), terbatasnya dukungan atau partisipasi dari guru, adanya hambatan komunikasi antara kepala sekolah dan guru dan ketidaksesuaian antara kebijakan pendidikan dan kenyataan di lapangan. 3) Adapun upaya yang dilakukan yaitu dengan memberi kesempatan pada guru untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan professional, melakukan supervise dan pembinaan, melakukan pengembangan kurikulum dan pengajaran, melakukan evaluasi kinerja guru, berkolaborasi dengan rekan sejawat dan stakeholder, dan memberikan motivasi dan dukungan dari pemimpin sekolah. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Kusnandi, Drs., M.M., M.Pd. Pembimbing II Dr. Maman Herman, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Kepemimpinan kepala sekolah, edukator, kompetensi profesional guru en_US
dc.title PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account