dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2
KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP, Pujiati, NIM. 82322324048. Penelitian ini
dilatar belakangi bahwa guru yang profesional seyogianya memiliki kepribadian yang matang,
menguasai pengetahuan dan keterampilan mengajar yang mumpuni, serta secara kontinyu
melakukan pengembangan profesi dalam mengoptimalkan kualitas pembelajarannya sehingga
mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mendeskripsikan: 1) Implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik di SMP Negeri 2 Kawunganten Kabupaten Cilacap; 2) Hambatan yang dihadapi saat
mengimplementasikan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik di SMP Negeri 2 Kawunganten Kabupaten Cilacap; 3) Upaya yang dilakukan saat
mengimplementasikan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik di SMP Negeri 2 Kawunganten Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan
dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji
permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada
penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data
dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kompetensi profesional guru di SMP Negeri 2
Kawunganten Kabupaten Cilacap sudah optimal. Hal ini terbukti dari kemampuan gurunya dalam
menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu, mampu menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang
diampu, mampu mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mampu
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan
mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih optimal; 2) Terdapat hambatan yang
dihadapi saat mengimplementasikan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Kawunganten Kabupaten Cilacap; 3) Upaya yang dilakukan
saat mengimplementasikan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik di SMP Negeri 2 Kawunganten Kabupaten Cilacap. |
en_US |