Unigal Repository

EFEKTIVITAS TATA KELOLA SARANA PRASARANA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN TEACHING FACTORY

Show simple item record

dc.contributor.author Anwar Sahril, Dian
dc.date.accessioned 2025-09-08T03:31:42Z
dc.date.available 2025-09-08T03:31:42Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7458
dc.description.abstract Penelitian dilatarbelakangi oleh masih fluktuaktif jumlah lulusan pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri Manonjaya yang terserap masuk dunia kerja selama tiga tahun terakhir, Hal ini menunjukkan harus adanya keselarasan dalam manajemen pengelolaan pada kegiatan Teaching Factory di SMKN Manonjaya, dan perlunya upaya mendukung pembelajaran teaching factory di SMKN Manonjaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: Untuk menganalisis efektivitas tata kelola sarana prasarana ditinjau dari aspek pencapaian tujuan dalam mendukung kegiatan Teaching Factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri Manonjaya., ditinjau dari aspek efesiensi, administrasi, kejelasan tanggunjawab dan kekohesifannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Sapras, Ketua Teaching Factory, Ketua Prodi, Guru produktif, peserta didik, mitra industry, Komite Sekolah. Dengan menggunakan tekhnik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan sarana prasarana TEFA memenuhi berdasarakan kebutuhan, realistis, sesuai dengan kenyataan anggaran, jelas dan rinci, baik jumlah, jenis, merek, dan harganya. Hal yang terpenting adalah setelah proses perencanaan dan pengadaan dilakukan maka proses selanjutnya penutamaan pada aspek pengelolaan sarana pendidikan yaitu inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan yang sselalu dilakukan pengecekan berkala agar sarana prasarana TEFA tetap terkontrol; (2) Pada proses pengadaan yaitu mengadakan alat/bahan yang mereka anggap sesuai dengan anggaran yang ada. Keterlibatan stakeholder dalam dalam menggunakan sarana prasarana TEFA dilakukan melalui strategi khusus; (3) Sistem Manajemen Sarana Prasarama harus transparan dan akuntabel terhadap pengelolaan administrasinya, seperti : perencanaan yang cermat terlihat dari analisis kebutuhan yang akurat dan teliti, dilakukan pengecekan secara berkala, pemeliharaan sesuai petunjuk, kemudian pengawasan dan pertanggungjawaban yang sudah jelas dibuat berdasarkan peraturan yang ada; (4) Kendala yangditemukan adalah kejelasan dan tanggungjawabnya terutama pada aspek manajemen pemasaran TEFA itu sendiri, dimana belum ada tim yang dibentuk khusus untuk mempromosikan tentang pelayanan jasa yang diberikan oleh sekolah, sehingga kurang menarik lebih banyak pelanggan, dan jangkauan layanan yang diberikan masih terbatas; (5) Aspek kekohesifan dalam mendukung kegiatan Teaching Factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif pada umumnya yang masih lemah, hal ini disebabkan karena kurangnya kesinambungan antara SMK dan mitra serta kelemahan mitra industri juga dalam hal memberikan saran, masukan, dan arahan untuk mengembangkan SMK masih kurang aktif. Menunjukkan kerjasama lembaga dengan pihak external perlu direvitalisasi en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd Pembimbing II Dr. Asep Saepul Hidayat, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Efektivitas, Tata Kelola, Sarana Prasarana, Teaching Factory en_US
dc.title EFEKTIVITAS TATA KELOLA SARANA PRASARANA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN TEACHING FACTORY en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account