Unigal Repository

Pengaruh Iklan Tertarget dan Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Galendo di Shopee

Show simple item record

dc.contributor.author WILDAN K.H.R, MUHAMMAD
dc.date.accessioned 2025-09-08T01:03:10Z
dc.date.available 2025-09-08T01:03:10Z
dc.date.issued 2025-07-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7444
dc.description.abstract Nama : Muhammad Wildan K H R, NIM.3402210582. “Pengaruh Iklan Tertarget Dan Affiliate marketing Terhadap Keputusan Pembelian Galendo Di Shopee” (Suatu Studi Pada Perusahaan Galendo Putra Bungsu Kab. Ciamis)” Dibawah Bimbingan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M (Pembimbing I) dan Enjang Nursolih,S.H.,Mom (Pembimbing II). Perkembangan e-commerce seperti Shopee mendorong UMKM mengadopsi strategi pemasaran digital seperti iklan tertarget dan affiliate marketing untuk meningkatkan keterlibatan konsumen. Namun, penerapan kedua strategi pada Galendo Putra Bungsu dinilai belum optimal, yang terlihat dari hasil pra-survey di mana keputusan pembelian konsumen belum mencapai skor maksimal dan menunjukkan adanya keraguan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dari iklan tertarget dan affiliate marketing terhadap keputusan pembelian produk Galendo di Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari kedua variabel terhadap keputusan pembelian, dengan koefisien determinasi sebesar 68,06%. Meskipun demikian, skor terendah ditemukan pada indikator "keinginan mencoba produk" dari variabel iklan tertarget dan "kecepatan dalam membeli" pada variabel keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan perlunya penguatan strategi pada tahap konversi, yaitu mengubah rasa penasaran yang sudah terbangun menjadi tindakan pembelian yang lebih cepat. Maka dari itu, disarankan agar Galendo Putra Bungsu mengoptimalkan materi iklan dengan ajakan bertindak (call to action) yang lebih kuat serta mengarahkan para afiliasi untuk memberikan penawaran eksklusif guna mempercepat keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: Iklan Tertarget, Affiliate marketing, Keputusan Pembelian. en_US
dc.description.sponsorship Prabowo, Faizal Haris Eko Nursolih, Enjang en_US
dc.subject Iklan Tertarget en_US
dc.subject Affiliate Marketing en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title Pengaruh Iklan Tertarget dan Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Galendo di Shopee en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account