Unigal Repository

OPTIMALISASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Show simple item record

dc.contributor.author Mulyadi, Deni
dc.date.accessioned 2025-09-06T09:39:04Z
dc.date.available 2025-09-06T09:39:04Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7439
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri 1 Ciamis dan MTs Negeri 4 Ciamis dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan di MTs. Negeri 1 Ciamis dan MTs. Negeri 4 Ciamis dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, kepala perpustakaan, perwakilan guru, pengawas bina, dan perwakilan siswa. Data yang teerkumpul dianalisis secara deskriptif melalui alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Aspek yang diteliti meliputi perencanaan (planning) dengan sub aspek tujuan, kebijakan, strategi dan program, pengorganisasian (organizing), memberi dorongan/penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) dalam pengelolaan perpustakaan, serta kaitannya dengan pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang meliputi tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan di kedua sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik, namun belum optimal pelaksanaannya di setiap aspek penelitian, dan terdapat beberapa sub aspek yang perlu ditingkatkan yaitu sub aspek kebijakan dalam aspek perencanaan, profesionalisme dan kompetensi tenaga pustakawan dalam aspek pengorganisasian, sistem koordinasi dalam aspek penggerakan, dan tindak lanjut dalam aspek pengawasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah, namun diperlukan strategi peningkatan lebih lanjut pada tahap pengembangan dan pembelajaran literasi. Pengelolaan perpustakaan yang baik dan optimal akan meningkatkan gerakan literasi sekolah. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Saepul Hidayat, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Pengelolaan, Perpustakaan, Gerakan Literasi Sekolah, en_US
dc.title OPTIMALISASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account