Unigal Repository

IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliani
dc.date.accessioned 2025-09-06T09:25:39Z
dc.date.available 2025-09-06T09:25:39Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7438
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Majenang Kabupaten Cilacap), Yuliani, NIM. 82322324029. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Kurikulum Merdeka ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencerdaskan bangsa dengan sistem pendidikan nasional harus bisa menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan dalam menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan dari perubahan yang ada, oleh karena itu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Kurikulum Merdeka memiliki ciri khas dan bagian penting dalam pembelajarannya, yaitu Profil Pelajar Pancasila yang bisa dikatakan karakter dan kemampuan yang dibangun setiap hari dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Dalam implementasinya maka dilaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter peserta didik di SMP Negeri 2 Majenang; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila sudah terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan karakter peserta didik di SMP Negeri 2 Majenang. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu belum semua guru mempunyai keterampilan dalam memodifikasi modul sebagai proses transisi dari pembelajaran intrakurikuler yang lebih terstruktur ke pembelajaran berbasis projek yang lebih fleksibel. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru sebagai fasilitator dalam penerapan P5. b) Implementasi P5 seringkali dianggap sebagai beban kerja tambahan guru di luar tugas mengajar intrakurikuler. c) Fokus peserta didik yang berlebihan pada produk akhir. d) Evaluasi implementasi di sekolah yang belum optimal. 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Dilakukan peningkatan kapasitas dan pelatihan berkelanjutan bagi guru selaku tim fasilitator yang lebih mendalam dan spesifik tentang konsep P5, metodologi pembelajaran berbasis projek, strategi fasilitasi, dan terutama teknik asesmen karakter. b) Menerapkan perencanaan yang efisien dan terstruktur. c) Penekanan pada nilai proses dalam asesmen kegiatan P5. d) Melaksanakan evaluasi secara berkala/teratur dan penyusunan laporan evaluasi en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Peserta Didik en_US
dc.title IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account