dc.contributor.author |
Agustianingsih, Siwi |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-06T09:11:59Z |
|
dc.date.available |
2025-09-06T09:11:59Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-28 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7437 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul MANAJEMEN MUTU GURU BIMBINGAN DAN
KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten
Cilacap), Siwi Agustianingsih, NIM. 82322324026. Penelitian ini dilatar
belakangi bahwa manajemen mutu guru bimbingan dan konseling harus
menempatkan siswa sebagai klien dalam pelayanan kegiatan belajar mengajar di
sekolah, sehingga guru harus terus meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dalam mencapai potensi terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
dan mendeskripsikan: 1) Perencanaan program (planning) manajemen mutu guru
bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang
Kabupaten Cilacap; 2) Pengorganisasian (organizing) manajemen mutu guru
bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang
Kabupaten Cilacap; 3) Pelaksanaan (actuating) manajemen mutu guru bimbingan
dan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap; dan 4)
Evaluasi dan pengawasan (controlling) manajemen mutu guru bimbingan dan
konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap. Metode
penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang
lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini
meliputi pengawas, kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data
dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program (planning)
manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari kompetensi
pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah optimal sehingga
mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 2) Pengorganisasian
(organizing) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau dari
kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah
optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 3)
Pelaksanaan (actuating) manajemen mutu guru bimbingan dan konseling ditinjau
dari kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap sudah
optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 4)
Evaluasi dan pengawasan (controlling) manajemen mutu guru bimbingan dan
konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Majenang
Kabupaten Cilacap sudah optimal sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing 1 Dr. Maman Herman, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh N, M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
Manajemen Mutu, Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar Peserta Didik |
en_US |
dc.title |
MANAJEMEN MUTU GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |