Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan triangulasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, pengawas sekolah, komite sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran ditinjau dari aspek efisiensi sudah berjalan dengan baik melalui perencanaan partisipatif, pengadaan transparan memanfaatkan ARKAS, pemanfaatan yang tepat guna, hemat, dan hati-hati, serta pemeliharaan terjadwal dan responsif. Namun, keterbatasan anggaran menjadi hambatan. 2) Pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran ditinjau dari aspek efektivitas juga menunjukkan hasil yang baik, di mana pengadaan didasarkan pada kebutuhan pembelajaran, pemanfaatan sesuai tujuan, pengendalian penggunaan yang sistematis, pemeliharaan responsif, pengawasan ketersediaan aset yang akuntabel, dan proses penghapusan yang tepat. 3) Pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran ditinjau dari aspek administratif telah dilaksanakan dengan baik, meliputi perencanaan yang tertib, pengadaan transparan, pemeliharaan terjadwal, inventarisasi akurat, penghapusan yang tepat, dan pengawasan komprehensif. Optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran ini berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Disarankan agar sekolah terus meningkatkan upaya dalam mengatasi keterbatasan anggaran, melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan pada semua aspek pengelolaan, serta menyempurnakan sistem administrasi penghapusan sarana.