Unigal Repository

Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Pancasila SMA Plus Pesantren Amanah Kota Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Herviana, Alna
dc.date.accessioned 2025-09-06T07:49:35Z
dc.date.available 2025-09-06T07:49:35Z
dc.date.issued 2025-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7433
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan elemen kunci keberhasilan sistem pendidikan nasional. Guru harus menyusun rancangan pembelejaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sudah di racancanggnya, dan kemudian melakukan evaluasi dari kegiatan pembelajaran yang diharapkan menghasilkan lulusan yang bermutu. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1.) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek perancangan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Plus Pesantren Amanah. (2.) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Plus Pesantren Amanah. (3.) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek evaluasi hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Plus Pesantren Amanah. Penelitian ini menggunakan metote penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Plus Pesantren Amanah Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang meliputi perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis serta evaluasi hasil belajar sudah dimiliki oleh guru pendidikan pancasila di SMA Plus Pesantren Amanah Kota Tasikmalaya. Namun demikian terdapat beberapa aspek yang masih harus dioptimalkan oleh guru pendidikan pancasila yaitu: 1) Kompetensi pedagogik dalam perancangan pembelejaran pada aspek kajian kemampuan dalam merencanakan model penilaian hasil belajar. 2) Kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelejaran yang mendidik dan dialogis pada aspek kajian kemampuan dalam melaksanakan penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung. 3) Kompetensi pedagogik dalam evaluasi pembelejaran aspek kajian kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan kualitas pembelajaran. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Saepul Hidayat, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Pancasila SMA Plus Pesantren Amanah Kota Tasikmalaya) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account