Abstract:
ABSTRAK
Rosita Marta. NIM. 3402190209. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen (Suatu Studi pada Depot Air Minum Ro Mekar-Jaya). Di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M., (Pembimbing I) dan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E. M.M. (Pembimbing II).
Minat beli konsumen merupakan tahapan dimana konsumen melakukan pengevaluasian terhadap informasi yang diterima atau dengan kata lain minat beli memiliki aspek bahwa konsumen akan membeli produk setelah melakukan evaluasi. Namun demikian berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan pada Depot Air Minum RO Mekar Jaya diketahui bahwa masih terdapat permasalahan-permasalahan mengenai minat beli konsumen. Hal tersebut dapat diihat dari masih ada konsumen yang lebih berminat pada produk air minum lain selain dari RO Mekarjaya seperti Azka Qua, Putra Galuh, Tirta Alam dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut diduga diakibatkan oleh belum optimalnya kualitas produk dan kualitas pelayanan pada Air Minum RO Mekar Jaya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen?; Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen?; Bagaimana pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Depot Air Minum RO Mekar-Jaya?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen; Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen; Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Depot Air Minum RO Mekar-Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen depot air minum RO Mekar-Jaya pada bulan Juli – Desember 2024 yaitu sebanyak 4.232 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 98 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada Depot Air Minum Ro Mekar-Jaya; Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Depot Air Minum Ro Mekar-Jaya; Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Depot Air Minum Ro Mekar-Jaya. Artinya jika kualitas produk dan kualitas pelayanan sudah baik maka minat beli konsumen akan meningkat.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Minat Beli Konsumen