Unigal Repository

STRATEGI PEMASARAN TAHU BULAT (Studi Kasus pada Agroindustri Tahu Bulat CV Barokah Jaya Cihaurbeuti, di Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Khoirunnisa Dirgantari, Melati
dc.date.accessioned 2025-09-06T05:55:09Z
dc.date.available 2025-09-06T05:55:09Z
dc.date.issued 2025-09-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7424
dc.description.abstract MELATI KHOIRUNNISA DIRGANTARI, 2025. Strategi Pemasaran Tahu Bulat (Studi Kasus Pada Agroindustri CV Barokah Jaya Cihaurbeuti, di Desa Sukahaji Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis). Dibawah bimbingan TIKTIEK KURNIAWATI dan ANISA PUSPITASARI. Sektor pertanian memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional, dengan agroindustri sebagai salah satu subsektor strategis yang berkontribusi dalam meningkatkan nilai tambah produk hasil pertanian. Agroindustri tahu bulat CV Barokah Jaya Cihaurbeuti yang berlokasi di Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, merupakan salah satu contoh unit usaha pengolahan pangan berbasis kedelai yang menghadapi tantangan pemasaran akibat meningkatnya persaingan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode analisis SWOT. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama terletak pada kualitas produk tahu bulat yang baik, sedangkan kelemahan mencakup terbatasnya kegiatan promosi. Peluang pemasaran didukung oleh adanya kepercayaan dari konsumen dan kontinuitas ketersediaan produk, sementara ancaman berasal dari tingkat persaingan yang tinggi. Strategi yang disarankan meliputi pemanfaatan media sosial untuk promosi, peningkatan kualitas dan kuantitas produk melalui evaluasi berkala, serta inovasi dalam pengemasan untuk menjaga kualitas produk selama distribusi. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar agroindustri tahu bulat CV Barokah Jaya Cihaurbeuti. en_US
dc.description.sponsorship Kurniawati Tiktiek, Puspitasari Anisa en_US
dc.subject Agroindustri, analisis SWOT, strategi pemasaran, tahu bulat en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN TAHU BULAT (Studi Kasus pada Agroindustri Tahu Bulat CV Barokah Jaya Cihaurbeuti, di Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account