Abstract:
ABSTRAK
Siti Rahmah, NIM. 3402210288. “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Industri Makanan (Suatu studi pada Cilok Golden Street Food di Tasikmalaya) di bawah bimbingan pak Faizal Haris Eka Prabowo, SE., M.M sebagai (pembimbing I) dan pak H.Roni Marsiana Suhendi, SE., M.M. sebagai pembimbing II)
Persaingan dalam industri makanan semakin meningkat, sehingga pelaku usaha perlu melakukan inovasi produk untuk mempertahankan daya tarik dan kepuasan pelanggan. Golden Street Food merupakan salah satu pelaku usaha yang mengembangkan inovasi pada produk cilok untuk memenuhi preferensi konsumen modern. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis, pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan di Golden Street Food. Metode penelitian mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan t hitung 14,828 > t tabel 1,985, dan koefisen determinasi sebesar 73,96% yang berarti ionvasi produk memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk memiliki peran penting dalam membentuk kepuasan pelanggan dan mendukung kelangsungan bisnis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara teoritis bagi pelaku bisnis dalam merancang strategi inovasi yang efektif.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan, Industri Makanan, UMKM.