Abstract:
Rifqi Ramdhan, NIM. 3403210085. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023). Dibawah bimbingan Mohamad Apip, S.E., M.Si. (Pembimbing I) dan Purnama Sari, S.E., M.AB. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energi tahun 2020-2023? 2]. Bagaimana pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energi tahun 2020-2023? 3]. Bagaimana pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energi tahun 2020-2023?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan; 2]. Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan; 3]. Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan content analysis, model regresi data panel, koefisien determinasi, uji t (uji parsial) dan uji signifikan (Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas berpengaruh Negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan secara simultan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energi.
Diharapkan perusahaan tidak hanya berfokus pada peningkatan profitabilitas semata, tetapi juga mengoptimalkan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai upaya membangun legitimasi dan citra positif di mata investor. Dengan mengelola profitabilitas secara berkelanjutan dan menjalankan program CSR yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan investor serta menciptakan nilai perusahaan yang lebih optimal di masa mendatang.