Abstract:
ABSTRAK
Resa Windi Nuraeni, NIM. 3402210289. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Iklan, dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Toko Online Gsshoes Bandung di Shopee)” di bawah bimbingan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. sebagai (Pembimbing I) dan Bapak H. Roni Marsiana Suhendi, S.E., M.M. sebagai (Pembimbing II)
Perkembangan e-commerce mengubah perilaku belanja konsumen dari offline ke online, sehingga persaingan industri sepatu semakin ketat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh promosi gratis ongkos kirim, iklan, dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian di toko online Gsshoes Bandung pada platform Shopee. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei kepada 96 responden, serta analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, analisis korelasi sederhana, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan: 1. Promo Gratis Ongkos Kirim berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan thitung 9,967 > ttabel 1,986; 2. Iklan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan thitung 9,983 > ttabel 1,986; 3. Celebirty Endorsement berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan thitung 9,778 > ttabel 1,986. Secara simultan, Promo Gratis Ongkos Kirim, Iklan, dan Celebrity Endorsement berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan Fhitung 48,358 > Ftabel 2,70. Koefisien determinasi sebesar 50,97% menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko Gsshoes Bandung di Shopee sebesar 50,97%.Disimpulkan bahwa promosi gratis ongkir, iklan, dan celebrity endorsement efektif meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Disarankan Gsshoes Bandung meningkatkan frekuensi promo gratis ongkir, memperluas jangkauan iklan, dan memilih endorser yang relevan dengan target pasar.
Kata Kunci: Promo Gratis Ongkos Kirim, Iklan, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian, Shopee.