Unigal Repository

Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Pemerintah Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Maulidila
dc.date.accessioned 2025-09-04T04:27:22Z
dc.date.available 2025-09-04T04:27:22Z
dc.date.issued 2025-09-04
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7317
dc.description.abstract MAULIDILA RAHMAWATI. NIM: 3504210115. “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Pemerintah Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Skripsi. Program Studi Administrasi Publik.” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Galuh Ciamis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan oleh Pemerintah Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi literatur, dan studi lapangan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) informan yang terdiri dari Kepala Desa Mekarjaya, Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, dan 3 (tiga) orang masyarakat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan belum sepenuhnya optimal, terutama dalam aspek tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan) dan assurance (jaminan dan kepastian). Petugas pelayanan administrasi kependudukan Desa Mekarjaya memberikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya, petugas administrasi kependudukan berkoordinasi dengan Kepala Desa Mekarjaya sebagai pimpinan. Beberapa hambatan ditemukan dalam proses pelayanan administrasi kependudukan, maka dari itu koordinasi sangat penting dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan. Selain itu, petugas menunjukkan sikap tanggap, tidak diskriminatif, serta mengutamakan kepentingan pemohon. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti kenyamanan tempat melakukan pelayanan dan jaminan kepastian. Dengan demikian, diperlukan peningkatan fasilitas dan evaluasi berkala agar kualitas pelayanan administrasi kependudukan dapat terus ditingkatkan sesuai dengan harapan masyarakat. en_US
dc.description.sponsorship Cecep Cahya Supena Etih Henriyani en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan en_US
dc.title Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Pemerintah Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account