Abstract:
Mutiara Nabila Yasmine, NIM. 3402210040. Pengaruh Pengetahuan Konsumen Tentang Produk dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS (Suatu Studi pada Konsumen Alfamart Baregbeg). Dibawah bimbingan Bapak Dr. Apri Budianto. Drs., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Lia Yulia, S.T., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Pengetahuan Konsumen Tentang Produk dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS (Suatu Studi pada Konsumen Alfamart Baregbeg).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengaruh Pengetahuan Konsumen tentang Produk terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada konsumen Alfamart Baregbeg?: 2). Bagaimana pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada konsumen Alfamart Baregbeg?: 3). Bagaimana pengaruh Pengetahuan Konsumen Tentang Produk dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada konsumen Alfamart Baregbeg?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1). Untuk menganalisis pengaruh Pengetahuan Konsumen tentang Produk terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada konsumen Alfamart Baregbeg 2). Untuk menganalisis pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada konsumen Alfamart Baregbeg 3). Untuk menganalisis pengaruh Pengetahuan Konsumen tentang Produk dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada konsumen Alfamart Baregbeg.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t), analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, dan uji signifikan (uji F).
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) pengetahuan konsumen tentang produk berpengaruh positif dan signifikan sebesar 50,19% terhadap keputusan penggunaan. 2). kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 52,71% terhadap keputusan penggunaan. 3). Pengetahuan konsumen tentang produk dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 56,61% terhadap keputusan penggunaan.
Diharapkan pada konsumen Alfamart Baregbeg selalu berusaha meningkatkan pengetahuan konsumen tentang produk dan kemudahan penggunaan QRIS. Sehingga akan meningkatkan keputusan penggunaan QRIS.