Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author Nurlaelah, Annisa
dc.date.accessioned 2025-09-04T02:35:54Z
dc.date.available 2025-09-04T02:35:54Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7285
dc.description.abstract Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah yang terjadi dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh peserta didik setelah pengikuti kegiatan pembelajaran. Dimana hasil pembelajarannya menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan proses belajar dan pembelajarnya. Yang mana hasil pemilihan media pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1). perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Word Square pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen. 2). perbedaan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas control. 3). perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Word Square dikelas eksperimen dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensial dikelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimen). Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen. 2). Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square dengan konvensional pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol. en_US
dc.subject Model Kooperatif, Word Square, Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 CIAMIS en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account