Unigal Repository

Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada PT Unilever Indonesia Tbk Periode Tahun 2015 - 2024]

Show simple item record

dc.contributor.author Ar Rahman, Farhan
dc.date.accessioned 2025-09-04T02:05:09Z
dc.date.available 2025-09-04T02:05:09Z
dc.date.issued 2025-09-03
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7264
dc.description.abstract Farhan Ar Rahman, NIM 3403210030. “Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada PT Unilever Indonesia Tbk Tahun 2015-2024)”. Dibawah Bimbingan Ibu Hj. Eva Faridah, S.E., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing I dan Ibu Hj. Elis Badriah, S.E., M.Ak. sebagai Dosen Pembimbing II. Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada PT Unilever Indonesia Tbk Tahun 2015-2024). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1. Bagaimana Kebijakan Dividen pada PT. Unilever Indonesia Tbk? 2. Bagaimana Nilai Perusahaan pada PT. Unilever Indonesia Tbk? 3. Seberapa besar pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis Kebijakan Dividen pada PT. Unilever Indonesia Tbk. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis Nilai Perusahaan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. 3. Untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yaita laporan keuangan tahunan atau annual report PT Unilever Indonesia Tbk dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui Galery Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh dan Indonesian Stock Exchange (www.idx.co.id). Teknik analisis data yang digunakan yaitu: koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, regresi linier sederhana, uji f. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1). Kebijakan dividen PT Unilever Indonesia Tbk pada tahun 2024, dengan Dividend Payout Ratio (DPR) sebesar 99,52%, menunjukkan hasil yang optimal dari sudut pandang pengembalian investasi kepada pemegang saham, sejalan dengan karakteristik perusahaan yang matang di mana peluang reinvestasi internal yang sangat menguntungkan cenderung berkurang. 2). Nilai perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk pada tahun 2024, yang ditunjukkan oleh PBV sebesar 14,57%, mengindikasikan bahwa hasilnya belum optimal. Penurunan tajam dan berkelanjutan ini, yang mencapai titik terendah dalam periode 2015-2024, mencerminkan hilangnya kepercayaan investor terhadap prospek pertumbuhan dan kinerja perusahaan, sehingga memerlukan evaluasi strategi bisnis yang mendalam untuk memulihkan persepsi positif pasar. 3). Kebijakan Dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada PT Unilever Indonesia Tbk periode 2015-2024, oleh karena itu hipotesis ditolak. Artinya Kebijakan Dividen (Dividend Payout Ratio) tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap Nilai Perusahaan (Price to Book Value). en_US
dc.description.sponsorship Faridah eva Badriah Elis en_US
dc.subject Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan en_US
dc.title Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada PT Unilever Indonesia Tbk Periode Tahun 2015 - 2024] en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account