Abstract:
Resna Nujullulhidayah (2107210123) “Pengaruh Model Pembelajaran Project
Based Learning (PJBL) Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Lembaga
Keuangan Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya)” Penulisan skripsi ini
dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd.
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa merupakan masalah dalam penelitian
ini, Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan proses
pembelajaran, maka pendidik harus mencari cara untuk mencapai keberhasilan.
Salah satunya yaitu dalam model pembelajaran. Kemampuan berpikir kreatif
dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan pendekatan
pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan
penelitian ini: 1) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PJBL) Berbasis
STEAM pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas
eksperimen 2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest)
dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol 3) Perbedaan kemampuan berpikir
kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning (PJBL) Berbasis STEAM dengan yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest) dengan yang
menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode
penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent
Control Group Design.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif
peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Project Based learning
(PjBL) Berbasis STEAM pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir
(Posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif
peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada
pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3)
Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan
Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEAM dengan
yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir
(Posttest).