Abstract:
Penelitian dilatarbelakangi oleh belum optimalnya Kepemimpinan Kepala
Madrasah dalam melaksanakan tugasnya, Supervisi akademik pengawas belum
mencapai target yang diharapkan, dan belum meningkatnya kinerja mengajar guru
yang tentunya akan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kepemimpinan Kepala
Madrasah terhadap kinerja mengajar guru pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya, 2)
Pengaruh supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru pada
KKM MTsN 5 Tasikmalaya, 3) Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan
supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru pada KKM MTsN 5
Tasikmalaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran
angket dengan jumlah responden 53 orang. Pengolahan data statistik
menggunakan bantuan SPSS 21.0, dan teknik analisis datanya melalui korelasi
determinasi dan korelasi regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala Madrasah
pada umumnya berada pada katergori sering dengan kriteria sedang. Namun
demikian ada indikator yang harus ditingkatkan yaitu indikator Kepala Madrasah
mengorganisasikan berbagai sumber daya pendidikan bersama tenaga pendidik
dan kependidikan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja mengajar guru.
2) Supervisi akademik pengawas pada umumnya berada pada kategori sering
dengan kriteria sedang. Namun demikian ada indikator yang harus ditingkatkan
yaitu indikator menetapkan rancangan operasional supervisi akademik sesuai
dengan tujuan dan strategi yang dipilih yang pas digunakan untuk tenaga
pendidik, melaksanakan supervisi yang demokratis terhadap tenaga pendidik di
Madrasah, dan merumuskan kriteria keefektifan proses supervisi berdasarkan
observasi langsung terhadap tenaga pendidik saat menjalankan tupoksi kerja
masing-masing. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
positif supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru, 3) Kinerja
mengajar guru pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya pada umumnya berada pada
kategori sering dengan kriteria sedang. Namun demikian ada indikator yang harus
ditingkatkan yaitu indikator guru menyusun laporan kemajuan hasil belajar. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan
kepala madrasah dan supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar
guru, artinya semakin meningkat kepemimpinan kepala madrasah dan semakin
efektif supervisi akademik pengawas maka cenderung semakin meningkat kinerja
mengajar guru.