Unigal Repository

ANALISIS SALURAN PEMASARAN BUAH ALPUKAT DI DESA HUJUNGTIWU KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author Haryanto, M.supriyanto
dc.date.accessioned 2025-09-03T03:42:04Z
dc.date.available 2025-09-03T03:42:04Z
dc.date.issued 2025-08-22
dc.identifier.issn 500921013
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7214
dc.description.abstract M. SUPRIYANTO HARYANTO, 2025, Analisis Saluran Pemasaran Buah Alpukat Di Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabuapaten Ciamis. Dibawah bimbingan SUDRAJAT dan RIAN KURNIA Alpukat merupakan salah satu Komoditas yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Namun, dibalik potensi produksi alpukat yang sangat tinggi ini banyak ditemukan permasalahan dalam sistem pemasaran alpukat khususnya dari petani ke konsumen. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui saluran pemasaran alpukat di Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis; 2) Mengetahui Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran alpukat di Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis; 3) Mengetahui Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) alpukat di Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik survei. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak delapan belas orang yang terdiri dari tiga belas orang petani alpukat, satu orang pedagang pengepul, dua orang pedagang besar, dua orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat dua saluran pemasaran yaitu: a) Saluran satu : produsen – pedagang besar – konsumen dan b) Saluran dua : produsen – pedagang pengepul – pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen. 2) Besarnya marjin pemasaran pada saluran satu adalah Rp.26.000,- per kg dengan biaya pemasaran Rp.5.840,- per kg sehingga keuntungan pemasaran Rp.20.160,-per kg. Sedangkan pada saluran dua besarnya marjin pemasaran adalah Rp.34.000,- per kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.7.738,- per kg sehingga keuntungan pemasaran Rp.26.262,- per kg. 3) Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) Saluran pemasaran satu adalah 40,91% dan saluran dua adalah 32%. en_US
dc.description.sponsorship Ir.sudrajat,M.P Rian Kurnia,S.P.,M.P en_US
dc.publisher Fakultas pertanian program studi agribisnis en_US
dc.subject Alpukat, Farmer’s share, marjin pemasaran, saluran pemasaran en_US
dc.title ANALISIS SALURAN PEMASARAN BUAH ALPUKAT DI DESA HUJUNGTIWU KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account