Abstract:
Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin menggemari kopi specialty membuka peluang sekaligus tantangan bagi produsen kopi di Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas produknya. Preferensi konsumen semakin beragam, tidak hanya menginginkan kenikmatan rasa, tetapi juga keunikan cerita dan karakteristik kopi. Faktor seperti kualitas biji kopi, harga, citra merek, dan asal usul biji kopi menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli biji kopi di Minotaur Roastery, serta menganalisis pengaruh kualitas produk, harga produk, dan citra merek baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus pada Minotaur Roastery. Pengumpulan data dilakukan melalui survei terhadap 30 konsumen menggunakan teknik accidental sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk, harga produk, dan citra merek. Variabel dependen adalah keputusan pembelian biji kopi oleh konsumen. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur untuk mengukur pengaruh antara variabel-variabel preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian. Hasil menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas produk, harga produk, dan citra merek memiliki pengaruh signifikan sebesar 91,6% terhadap keputusan pembelian biji kopi di Minotaur Roastery, dengan probabilitas 0,000 (<0,05). Secara parsial, masing-masing variabel juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas 0,000. Preferensi konsumen yang tercermin dalam kualitas, harga, dan citra merek secara serempak maupun sendiri-sendiri sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian biji kopi. Oleh karena itu, produsen disarankan untuk menetapkan strategi yang fokus pada segmentasi pasar yang lebih akurat, pengembangan produk sesuai preferensi konsumen, peningkatan kualitas, serta membangun citra merek yang kuat demi memperoleh kepercayaan dan loyalitas pelanggan.