Abstract:
Cantika Andini Putri, NIM. 3403210157. “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan
Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas (Studi Pada PT Mayora Indah Tbk
Periode 2014-2023). Dibawah bimbingan Dendy Syaiful Akbar, S.E., M.Si.
(Pembimbing I) dan Wahyu Wahyudin, S.E., M.Ak. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas
terhadap Profitabilitas (Studi pada PT Mayora Indah Tbk Periode 2014-2023).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana pengaruh
pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada PT. Mayora Indah Tbk tahun
2014-2023? 2]. Bagaimana pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas pada PT.
Mayora Indah Tbk tahun 2014-2023? 3]. Bagaimana pengaruh pertumbuhan
penjualan dan likuiditas terhadap profitabilitas pada PT. Mayora Indah Tbk tahun
2014-2023?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis 1]. Pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas; 2].
Pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas; 3]. Pengaruh pertumbuhan penjualan
dan likuiditas terhadap profitabilitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji
asumsi klasik, analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, regresi
linier berganda, koefisien korelasi berganda, uji T (uji parsial) dan uji Signifikan
(Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Pertumbuhan
Penjualan berpengaruh Negatif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas, dan
Likuiditas berpengaruh Positif tetapi tidak signifikan terhadap Profitabilitas.
Sedangkan secara simultan Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas berpengaruh
Positif tetapi tidak signifikan terhadap Profitabilitas pada PT Mayora Indah Tbk.
Diharapkan perusahaan tidak hanya fokus dalam peningkatan pertumbuhan
penjualan dan likuiditas saja, tetapi dengan memperhatikan tingkat laba perusahaan
yang pada akhirnya akan mempengaruhi profitabilitas. Dengan demikian,
perusahaan tidak hanya mampu meningkatkan volume penjualan dan likuiditas,
tetapi juga meningkatkan kepercayaan investor dengan menciptakan profitabilitas
yang tinggi di masa depan.