| dc.contributor.author | Anjelina, Dea | |
| dc.date.accessioned | 2025-08-26T06:28:18Z | |
| dc.date.available | 2025-08-26T06:28:18Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-19 | |
| dc.identifier.citation | Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7068 | |
| dc.description.abstract | Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini. Hasil belajar peserta didik menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan suatu proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah metode pembelajaran gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan metode pembelajaran gamifikasi pada pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran gamifikasi di kelas eksperimen dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji t. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan metode pembelajaran gamifikasi pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran gamifikasi di kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional di kelas kontrol pada pengukuran akhir (Posttest) dengan nilai N-Gain berkategori tinggi pada kelas eksperimen dan sedang pada kelas kontrol. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing 1: Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Dedeh, S.Pd., M.Pd | en_US |
| dc.language.iso | en | en_US |
| dc.subject | Metode Pembelajaran Gamifikasi, Hasil Belajar | en_US |
| dc.title | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAMIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK KELAS X AKUNTANSI PADA MATERI AKUNTANSI DASAR | en_US |
| dc.type | Other | en_US |