Unigal Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Sindangkasih

Show simple item record

dc.contributor.author Khoirunnisa, Isma
dc.date.accessioned 2025-08-20T08:23:31Z
dc.date.available 2025-08-20T08:23:31Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6990
dc.description.abstract Isma Khoirunnisa (2107210078) “Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sindangkasih (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar di Kelas X)” Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen (2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang tidak menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol (3) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan yang tidak menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang tidak menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. (3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan yang tidak menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran akhir (Posttest). en_US
dc.description.sponsorship Aryansyah Firman Arifin Nur Rizqi en_US
dc.publisher FKIP en_US
dc.subject Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) en_US
dc.subject Berpikir Kreatif en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Sindangkasih en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account