dc.contributor.author |
Khoirunnisa, Isma |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-20T08:23:31Z |
|
dc.date.available |
2025-08-20T08:23:31Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-19 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6990 |
|
dc.description.abstract |
Isma Khoirunnisa (2107210078) “Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual
Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada
Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sindangkasih (Studi Quasi Eksperimen
Pada Kompetensi Dasar Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar di Kelas X)”
Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd.
dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd.
Berdasarkan hasil observasi awal diketahui kemampuan berpikir kreatif siswa
masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini: (1) Perbedaan kemampuan berpikir
kreatif siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning
(CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas
eksperimen (2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang tidak
menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada
pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol (3)
Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan yang tidak menggunakan
pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran akhir
(Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design
yaitu Nonequivalent Control Group Design.
Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: (1) Terdapat
perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan
pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. (2) Terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif siswa yang tidak menggunakan pendekatan Contextual
Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran
akhir (Posttest) di kelas kontrol. (3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir
kreatif siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning
(CTL) dengan yang tidak menggunakan pendekatan Contextual Teaching And
Learning (CTL) pada pengukuran akhir (Posttest). |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Aryansyah Firman
Arifin Nur Rizqi |
en_US |
dc.publisher |
FKIP |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) |
en_US |
dc.subject |
Berpikir Kreatif |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Sindangkasih |
en_US |