Unigal Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN KINERJA TENAGA PENDIDIK (Studi Kasus Pada Tenaga Pendidik Tingkat Sekolah Dasar Se-Desa Sagalaherang)

Show simple item record

dc.contributor.author Purnawati, Erna
dc.date.accessioned 2025-08-16T06:13:00Z
dc.date.available 2025-08-16T06:13:00Z
dc.date.issued 2025-07-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6928
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kinerja tenaga pendidik di sekolah dasar se-Desa Sagalaherang, dengan fokus pada tiga aspek dalam rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) proses implementasi sistem manajemen kinerja, (2) indikator kinerja yang digunakan, dan (3) tantangan serta hambatan yang dihadapi dalam penerapan sistem tersebut beserta solusi yang diupayakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada kepala sekolah dan guru di empat sekolah dasar negeri, yaitu SDN 1, SDN 2, SDN 3, dan SDN 4 Sagalaherang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kinerja di tingkat sekolah dasar telah dilakukan secara sistematis, melalui proses perencanaan, pelaksanaan, supervisi, dan evaluasi, namun sebagian besar masih bersifat administratif. Indikator kinerja yang digunakan di tiap sekolah mengacu pada empat kompetensi dasar guru, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, dengan penyesuaian kontekstual di masing-masing sekolah. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman guru terhadap sistem kinerja, kurangnya pelatihan teknis, serta beban administratif yang tinggi. Adapun solusi yang dilakukan meliputi penyusunan indikator secara partisipatif, pembinaan kepala sekolah yang bersifat dialogis, dan peningkatan pelatihan kompetensi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pihak sekolah dan dinas pendidikan dalam mengembangkan sistem manajemen kinerja yang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga mendukung peningkatan mutu pembelajaran secara menyeluruh. Kata kunci: Manajemen Kinerja, Tenaga Pendidik, Sekolah Dasar, Mutu Pendidikan en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing 1 : Dr. Nana Darna, S.E., M.M. Pembimbing 2 : Hj. Nina Herlina, Ir., M.M. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Manajemen en_US
dc.title ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN KINERJA TENAGA PENDIDIK (Studi Kasus Pada Tenaga Pendidik Tingkat Sekolah Dasar Se-Desa Sagalaherang) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account