Abstract:
Gaya Bahasa Informal Dalam Konten Youtube
Raditya Dika (Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Teks Anekdot), Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan karakteristik gaya bahasa informal dalam konten Youtube
Raditya Dika dan menganalisis potensinya sebagai alternatif pengembangan bahan
ajar teks anekdot di sekolah. Latar belakang penelitian ini adalah adanya
kesenjangan antara bahan ajar teks anekdot yang cenderung formal dengan
kecenderungan siswa yang lebih akrab dengan gaya bahasa informal dari media
digital, seperti Youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan analisis isi
pada beberapa video Raditya Dika yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa gaya bahasa informal yang digunakan Raditya Dika ditandai dengan
penggunaan kosakata sederhana, struktur kalimat fleksibel, Nada personal,
Spontan, dan Penggunaan kontraksi. Gaya bahasa ini efektif dalam membangun
kedekatan dengan audiens dan meningkatkan pemahaman pesan. Adaptasi gaya
bahasa informal tersebut sebagai bahan ajar teks anekdot terbukti dapat
meningkatkan minat dan pemahaman siswa karena materi menjadi lebih
kontekstual, menarik, dan sesuai dengan kehidupan mereka. Dengan demikian,
gaya bahasa informal dalam konten Youtube Raditya Dika sangat potensial
dijadikan alternatif bahan ajar inovatif pada pembelajaran teks anekdot.