Abstract:
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kajian sosiologi sastra pada novel
Anjing Mengeong, Kucing Menggonggong karya Eka Kurniawan dan
mendeskripsikan bahan ajar yang berkaitan dengan kajian sosiologi sastra agar
peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dari membaca teks fiksi di media cetak.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang
menggambarkan analisis sosiologi sastra menggunakan teori Ian Watt pada novel
Anjing Mengeong, Kucing Menggonggong karya Eka Kurniawan. Penelitian ini
menggunakan teori Ian Watt yang memfokuskan tiga aspek yaitu konteks sosial
pengarang, sastra sebagai cerminan masyarakat dan fungsi sosial sastra. Konteks
sosial pengarang diungkapkan tema, amanat, sudut pandang, dan gaya bahasa yang
mencerminkan pengaruh sosial dan lingkungan terhadap pengarang dalam menulis
cerita. Sastra sebagai cerminan masyarakat digambarkan melalui tema, tokoh, alur
dan latar yang mencerminkan keadaan masyarakat pada novel Anjing Mengeong,
Kucing Menggonggong. Fungsi sosial sastra digambarkan melalui tema, amanat,
tokoh dan latar sebagai perubahan dan pesan yang disampaikan penulis dalam novel
Anjing Mengeong, Kucing Menggonggong. Hasil kajian sosiologi sastra dikaitkan
dengan bahan ajar untuk dikembangkan menjadi lembar kerja peserta didik. Lembar
kerja peserta didik dikaitkan dengan elemen membaca pada capaian pembelajaran
“Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah
logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak
dan elektronik”