Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Putriani, Tanti
dc.date.accessioned 2025-08-14T05:51:02Z
dc.date.available 2025-08-14T05:51:02Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.issn 2107210050
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6876
dc.description.abstract Tanti Putriani (2107210050). “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Prinsip-Prinsip, Konsep Akuntansi Dasar dan Perbankan Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Banjar)”. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian di SMK Negeri 1 Banjar merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya yaitu masih kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Menyikapi permasalahan tersebut penulis menerapkan metode pembelajaran aktif tipe index card match di kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas kontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran index card match pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran index card match dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran index card match pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran index card match dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing 1 Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran aktif tipe index card match, hasil belajar. en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account